Marketing Plan - Viar


Integrated Marketing Comm - Mid Test

Produk (Situasi)

PT Triangle Motorindo adalah perusahaan yang memproduksi sepeda motor dan sepeda motor niaga seperti motor gerobak, dan mobil toko bermerek Viar. Motor niaga beroda tiga ini biasanya digunakan sebagai toko bergerak yang mampu mendekati pasar hingga di jalan-jalan kecil di pelosok kota dan pinggiran kota.

Sejak diperkenalkan pada 2008, penjualan motor niaga Viar terus meningkat dengan rata-rata 25.200 unit per tahun atau 2.000-an per bulan. Pada 2008 perusahaannya menjual 200 unit/bulan, meningkat menjadi 600 pada 2009, dan 1.200 unit/bulan pada 2010. Pada 2011 lalu perusahaan ini telah mampu menjual hingga 2.000-an unit/bulan, dan pada 2012 mereka menargetkan bisa meraih angka minimal 3.000 unit/bulan.
                                                                        ***

Untuk mengembangkan komunikasi yang efektif, maka langkah-langkah yang dapat diambil adalah :

1.      Mengidentifikasi khalayak sasaran
2.      Menentukan tujuan-tujuan komunikasi
3.      Merancang pesan
4.      Menyeleksi saluran-saluran komunikasi
5.      Menetapkan jumlah anggaran promosi
6.      Memilih bauran promosi
7.      Mengukur hasil-hasil promosi
8.      Mengelola dan mengkoordinasikan seluruh komunikasi pemasaran


1.     Identifikasi Target Publik
Target publik dapat terdiri dari individu, kelompok, masyarakat tertentu atau masyarakat umum. Dalam hal ini, target publik dari motor Viar adalah:
-          Pria dan wanita
-          Berusia 30-50 tahun
-          Pengusaha Mikro, kecil dan menengah
-          Kelas sosial B-C
-          Berdomisili di pinggiran kota kecil dan pinggiran kota besar
2.     Tujuan Komunikasi
-          membangun brand awareness di benak masyarakat
-          mengembangkan interest dan desire terhadap produk
-          mendorong konsumen melakukan pembelian produk

3.     Pesan
Untuk di brosur/flyers, pesan akan berupa uraian penjelasan produk. Pesan ini akan menggunakan struktur one sided, karena hanya akan menyajikan informasi dari aspek kelebihan-kelebihannya saja, tanpa menjelaskan kekurangan produk Viar.

4.     Saluran Komunikasi
Menggunakan saluran non-personal: Menyampaikan pesan tanpa melakukan kontak atau interaksi pribadi, tetapi dilakukan melalui media.

·        Media Elektronik: Iklan radio
(sebagai alat untuk membangun brand awareness)
 

Kapabilitas persuasive media siaran (Radio)
-          Selektifitas geografis dan demografis
-          Short lead time
-          Relatif murah
-          Sangat baik untuk lokal
Keterbatasan media siaran (Radio)


-          Eksposur jangka pendek
-          Hanya Audio/suara
-          Ganti frekuensi radio saat iklan


Iklan radio dipilih karena dirasa akan lebih menjangkau masyarakat menengah kebawah yang berprofesi sebagai pedagang. Mayoritas pedagang tidak sempat untuk menonton televisi, namun sebagian dari mereka tetap mendengarkan radio sambil bertransaksi dengan pembeli. Karena itu radio dirasa sebagai media yang lebih tepat.

·        Media Cetak:

Flyers/Brosur (sebagai alat untuk meningkatkan interest dan desire terhadap produk)
Kelebihan:
-          Relatif murah
-          Berisi informasi yang lengkap, serta mudah dibawa.
-          Dapat memberi gambaran yang ditawarkan perusahaan.
-          Pembaca dapat mengatur tempo sendiri dan dapat mengulang membaca kapanpun.
-          Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat permanen
-          Saat pembaca tidak paham pada satu bagian dari isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
-          Penyerapan informasi lebih menyeluruh, karena ada kesempatan untuk mempertimbangkan secara kritis apa makna informasi yang di baca.

Kekurangan :
-          Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan membaca dan perhatian.
-          Membutuhkan proses penyebaran yang membutuhkan waktu relatif lama.
-          Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek, artinya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
-          Orang cenderung mengabaikan informasi yang diberikan apabila bentuk flyer kurang menarik.

Flyers dan brosur dipilih karena promosi dengan bentuk ini dapat menjelaskan secara rinci tentang produk, dan dapat disimpan oleh calon pembeli agar sewaktu-waktu dapat dibaca kembali. Selain itu flyers/brosur juga dapat diserahkan secara langsung oleh perwakilan perusahaan kepada target marketnya sehingga informasi hampir dapat dipastikan diterima secraa langsung oleh target market.

·        Event (sebagai pendorong konsumen agar melakukan pembelian produk)

Event dipilih sebagai salah satu bentuk promosi Viar karena melalui event, masyarakat akan terlibat langsung (dapat melihat/mencoba produk) dan juga dapat menyampaikan pertanyaan atau tanggapannya secara langsung kepada Triangle Motorindo.

Selain dapat melanjutkan program seminar yang telah dilakukan oleh Triangle Motorindo di tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini dapat juga mengadakan acara-acara yang lebih menarik untuk kalangan menengah kebawah, seperti konser musik dangdut, yang akan dilaksanakan bersamaan dengan pameran Viar, acara-acara ini juga akan bekerja sama dengan kementrian terkait seperti kementerian perdagangan dan perindustrian.

Untuk meringankan target market dalam hal pembayaran, Triangle Motorindo akan bekerja sama dengan beberapa koperasi , untuk menyediakan kredit pembelian Viar kepada para anggota koperasi.

Kelebihan event:
- Memungkinkan interaksi secara langsung dengan target market
- Menciptakan ‘kedekatan’ dengan calon pembeli
- Dapat mengetahiu feedback secara langsung dan cepat
Kekurangan Event
-          Butuh persiapan yang lama dan sangat matang
-          Biaya relatif mahal
-          Butuh banyak SDM untuk pelaksanaan di hari H

5.     Budget
Dapat ditentukan dengan perhitungan sbb:
(Jumlah Unit x Bulan x Harga per Unit) x 10%
=    (3000 x 12 x 20.000.000) x 10%
=    720.000.000.000 x 10%
=    72.000.000.000
Maka, dana maksimal yang dapat digunakan untuk melaksanakan program promosi motor Viar adalah sebesar Rp. 72.000.000.000, namun prinsip dalam merencanakan program promosi ini adalah, mengeluarkan dana seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil maksimal.

No
Jenis promosi
Jumlah
Biaya
1
Iklan radio
4500 spot
1.350.000.000
2
Flyers
5000
15.000.000
3
Seminar 10 kota
10
100.000.000
4
Konser+pameran
20
1.000.000.000
5
Kerja sama dgn koperasi
30 koperasi
150.000.000
TOTAL
Rp. 2.615.000.000









6.     Bauran Promosi
Iklan di radio, brosur dan juga event akan dilaksanakan secara periodik dalam periode Mei hingga Desember 2012.

7.     Mengukur hasil promosi (metode evaluasi)
Setiap selesai melaksanakan sebuah event,perusahaan akan membagikan angket kepada para tamu undangan untuk mengukur keberhasilan. Event tersebut dinilai berhasil apabila setidaknya 80% undangan menjawab puas dan mengerti dengan program promosi yang sedang dijalani perusahaan. Hasil angket ini nantinya akan di bahas di rapat internal staff.

Di akhir tahun 2012, perusahaan akan mengadakan market research dan consumer research untuk mengukur keberhasilan program yang dijalankan. Program ini akan dinyatakan berhasil jika penjualan motor Viar pada tahun 2012 mencapai target, yakni minimal 3000 unit per bulan.
8.     Koordinasi komunikasi pemasaran (IMC)
Dalam bagian ini akan dijelaskan tahapan pelaksanaan:

a.      Review marketing plan, menganalisa kembali program promosi baik kelebihan dan kelemahannya.
b.      Menganalisa proses komunikasi atau tanggapan penerima informasi, dan saluran komunikasi yang digunakan.
c.       Penyusunan anggaran
d.      Lobbying kementerian perdagangan & perindustrian
e.      Merencanakan menggunakan kombinasi strategi komunikasi mix, mendesain dan memproduksi iklan, memilih tempat dan membuat susunan acara untuk event-event yang telah direncanakan.
f.        Mengevaluasi hasil kinerja

Sumber:




0 Responses