Sejauh Mana Peran PR?

Public Relations (PR) telah menjadi bagian penting dari kegiatan berkomunikasi yang di lakukan oleh sebuah organisasi, perusahaan maupun individu tertentu. Dengan adanya PR, seseorang atau sebuah organisasi akan terbantu untuk membentuk atau menjaga citra positif di mata orang lain.

Menurut www.detiker.com, Sebagai public relations, seseorang akan menghadapi tantangan karena banyaknya peran yang harus dijalankan, mulai dari masalah teknis, menjadi mediator perusahaan dengan publiknya, menganalisa masalah/krisis perusahaan, hingga berperan sebagai pemecah masalah.

Dalam menangani masalah teknis, seorang PR berperan sebagai penulis, (news letter, news release atau feature). Sebagai mediator, seorang PR berperan dalam mengelola komunikasi dua arah antara organisasi dengan publiknya. Sebagai penganalisa masalah, seorang PR harus dapat menciptakan dan mengaplikasikan strategi komunikasi yang dianggap tepat untuk mengatasi masalah tersebut sehingga dapat menjalankan fungsi terakhir yaitu sebagai pemecah masalah.

Namun PR juga memiliki peran yang lebih jauh lagi; mereka dapat menciptakan sebuah situasi tertentu, atau secara kasar dapat disebut sebagai memanipulasi fakta yang ada, agar mendapatkan perhatian sepenuhnya dari publik, lalu menerapkan strategi komunikasi yang di rasakan lebih efektif.

Reference
Perspektif Public Relations. Web. 02 oktober 2011.
http://detiker.com/public-relation/Page-4.html
0 Responses